1st Night

Malam pertama dengan arti yang berbeda 


1stNightPerjalananku di Jogja dimulai dari tempat tinggal di daerah Pogung Dalangan RT.11 RW.50 Nomor dirahasiakan hehe. Bisa dikatakan pogung sebagai tempat renungan atau semedi yang paling berkesan. Mengapa tidak?

Kerap kali suara pengumuman di masjid itu banyak mengucapkan diawal kalimat seperti “Innalillahi wa inna ilahi roji’un” yang menjadi pertanda ada sebuah pertemuan antara Malaikat Izrail dengan salah seorang umat manusia. Itu rutin, hampir setiap 1-2 bulan sekali selalu saja ada pertemuan. Bahkan ketika masjid di pagi/siang hari mulai mengucapkan salam “Assalamualaikum wr.wb” pikiranku langsung merespon “Oh, ada yang meninggal” sampai segitu berkesannya (langsung merenung ingat akan kematian). Ini salah satunya …

Lingkungan juga bersahabat, tidak membuatku gelisah, aku merasa nyaman saja, tidak ada perasaan yang kurang *takaran pas. Percayalah, disana aku mampu meletakkan amanah penjagaan disaat teledor atau terlelap dalam kondisi motor masih di luar kostan *sekarang malah ada cctvnya, lebih tenang pokoknya (merenung lagi tentang penjagaan, melalui kesalahan). Dst…

Membahas soal pogung akan cukup lama dan inti dari tulisanku bukan ke arah situ.

Malam pertama dengan arti yang berbeda. Kali ini dan hari ini tepat pada tanggal 20 Juni 2017, aku meninggalkan pogung dan siap untuk segala konsekuensinya. Rindu akan ramainya jamaah masjid pogung dalangan, segala catatanku yang sudah aku tinggalkan, kenangan yang sudah aku ciptakan, spot kuliner murah+hemat yang aku banggakan, dan beberapa teman secara langsung maupun tidak langsung yang aku dapatkan.

*catatan dalam makna kiasan bukan buku catatan

Aku mencoba memaknai malam ini adalah malam pertama pengambilan keputusan dalam meninggalkan tempat yang menurutku paling berkesan. Meninggalkan pogung bagiku bisa saja menjadi sebuah bumerang berupa penyesalan atau semacamnya. Tapi aku punya beberapa misi yang aku rasa, jika aku tetap di pogung aku tidak akan mengalami perubahan.

Sempat ada yang mencoba untuk menahan, mulai dari ibu kostan yang katanya “kalo mas choirul kan ibuk sudah kenal, saya juga bisa percaya” hehe lucunya itu aku sebenarnya jarang sekali keluar kamar kostan kalo tidak ada urusan seperti nyuci pakaian, cari makan, ke kamar mandi, atau panggilan kerjaan (organisasi, komunitas, dst). Ya aku punya alasan tersendiri yang tidak ingin aku jelaskan …

Dari pihak orang tua “kost e mbok tetep neng kono wae, kamar mandine resik, tempat e aman, dll” –terjemahan : “kostnya tetap disitu saja, kamar mandinya bersih, tempatnya aman, dll”. Aku sangat mengerti dengan apa yang menjadi kekhawatiran orang tuaku, tapi lantas kemudian bukan berarti aku selalu mengiyakan. Anak pertamanya ini sudah berusia 21 th *Juli nanti 22 XD, harus mulai juga berlatih untuk mulai menetukan pilihan. Dari sudut pandangku disini aku menilai ini sebagai sebuah tahapan pembelajaran, nggak tau kalo dari sudut pandang kalian gimana. Intinya begitu …

Kemudian, secara tidak langsung masjid pun juga menahan *eh lebih tepatnya takmirnya deng. Coba deh main pas kuliah shubuh, apalagi pas bulan Ramadhan. Di jamin bakal bikin tambah galau untuk move on. Karena yang mengisi ceramah kan anak-anak muda, topiknya juga masih ada sangkut pautnya soal anak muda *meski tidak sering, tapi yang jelas benar-benar sayang untuk dilewatkan.

Pada akhirnya aku sudah memutuskan, sembari mencoba membulatkan tekad yang masih diiringi sedikit kegelisahan. Tulisan ini pun aku buat juga sebagai rekaman. Aku memiliki harapan, semoga nanti ini tidak menjadi sebuah penyesalan. Skill untuk melakukan adaptasi dengan lingkungan baru pun juga akan sangat dibutuhkan. Selama setahun kedepan ini, aku akan berada disini. Mencoba melatih diri, agar dapat menjadi lebih kuat lagi. Bismillah …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s